Inilah Pentingnya Personal Branding Bagi Kesuksesan Kariermu!

Image result for Personal Branding

jasa pembuatan website di jakarta pusat - Apakah anda satu diantara demikian beberapa orang yang tengah membuat karir yang diimpikan? Bila iya, maka telah waktunya anda membuat personal branding yang sesuai sama dirimu. Apa pun profesimu, personal branding adalah salah satu kunci utama dalam mendukung usahamu menapaki tahap karir yang anda kehendaki.

Tapi, sesungguhnya apa sich pentingnya personal branding untuk kesuksesanmu dan bagaimana caranya membuat personal branding yang baik? Yuk, kita simak keduanya sama!

Personal branding adalah suatu cara pasarkan kekuatan dan pengalaman kita jadi nilai jual dan membuat persepsi orang yang lain pada diri kita. Sederhananya, personal branding yaitu ciri-khas profesional yang ingin kita tunjukkan pada orang banyak.

Lewat personal branding yang baik, anda miliki peluang yang semakin besar untuk dilirik beberapa head-hunter, client, ataupun mereka yang sebatas memohonmu untuk sharing pengetahuan. Personal branding tidaklah ‘menjilat’ atasan untuk memperoleh promosi, tetapi bagaimana mengerti keunggulan dan kekurangan kita dan mengoptimalkannya jadi seseorang pribadi yang profesional.

Personal branding tidak hanya berlaku buat pekerja kantoran saja, lho. Wiraswastawan, seniman, sampai politisi juga memerlukan personal branding yang tepat. Sebab, tersebut kunci agar anda memiliki nilai lebih sesuai ceruk atau bagian yang anda pilih diantara juta-an orang yang lain yang mungkin berprofesi sama denganmu.

Lihat juga : jasa pembuatan website di jakarta pusat

Setelah mengerti pengertian dan pentingnya personal branding, saat ini waktunya anda membuat personal branding yang tepat. Inilah langkah-langkahnya.

1. Ketahui diri sendiri

Untuk membuat personal branding yang baik, anda perlu mengerti dirimu lebih dahulu. Cari info apa keunggulan dan kekuranganmu dan apa sebagai passion-mu. Dalam buku Personal Brand-Inc karya Erwin Parengkuan dan Becky Tumewu, ada 7 komponen yang perlu anda perhatikan, yakni nilai, kekuatan dan ketrampilan, tingkah laku, tampilan, kekhasan, prestasi, kemampuan, keotentikan dan maksud.

2. Mulai membuat branding

Setelah melakukan langkah awal diatas, anda telah dapat mulai membuat personal branding-mu. Hal semacam ini dapat dilakukan dengan beragam cara, misalnya dengan membuat portofolio dari hasil karyamu, buat kartu nama, sampai account di sosial media.

Jadi contoh, bila anda berisi branding dirimu jadi penulis, maka aktiflah menulis di situs (blog), mass media, ataupun media on-line. Lalu, perlihatkan hasil tulisanmu lewat sosial media dan arsipkan tulisanmu untuk isi portofolio di resume atau profilmu.

3. Komunikasikan branding-mu dengan memperluas jaringan

Karena personal branding berhubungan lewat cara orang yang lain melihat dirimu, maka juga akan percuma bila anda tidak pasarkan branding-mu ke khayalak ramai. Perluas jaringan yang sesuai agar makin beberapa orang yang mengetahui dirimu.

4. Pertahankan personal branding-mu

Personal branding yaitu imej yang menempel pada dirimu. Lewat branding yang telah terbangun, keyakinan juga akan anda peroleh dari jaringan beberapa orang di sekitarmu. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga personal branding yang telah anda bangun. Jauhi bertukar-ganti personal branding, karena orang yang lain juga akan menganggapmu plin-plan dan tidak konsentrasi dalam meningkatkan profesi atau karier.

Nah, dengan mengerti cara membuat personal branding diatas, semoga keberhasilan dapat lebih cepat anda capai!

0 komentar: