5 Cara Mendapatkan Testimoni Positif dari Pelanggan

Related image

jasa pembuatan website jakarta - Salah satu hal utama yang biasanya dilakukan oleh calon konsumen sebelumnya memastikan pilihannya pada product/jasa yaitu lebih dahulu lihat penjelasan atau testimoni yang ada untuk memberikan keyakinan mereka juga akan ketentuan bertransaksi.

Walau demikian banyak pebisnis on-line yang memiliki product/jasa berkwalitas tetapi tidak memiliki banyak penjualan karena beragam aspek, dan minimnya testimoni atau penjelasan pelanggan jadi satu diantaranya.

Dalam hal semacam ini, dapat diambil kesimpulan kalau agar bisnis Kamu sukses menjangkau tujuan penjulan, sebaiknya Kamu mulai memerhatikan pentingnya testimoni pelanggan. Lalu, bagaimana caranya memperoleh testimoni positif ataupun rating dari pelanggan? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Memohon Testimoni Dengan Langsung
Cara memperoleh testimoni pelanggan yang pertama yaitu dengan memohonnya segera pada mereka yang telah melakukan transaksi dengan Kamu. Tapi, sudah pasti Kamu tidak dapat memohon testimoni yang seutuhnya positif karena semasing orang memiliki penilaian yang berlainan.

Ketika memohon testimoni, Kamu juga baiknya tidak tawarkan bayaran agar konsumen memberi testimoni yang bagus. Cara begini sangat tidak jujur dan jelek untuk bisnis. Tetapi, bila memang ada konsumen yang memberi testimoni positif, baru Kamu dapat memberi penawaran khusus untuk orang itu, seperti memberi potongan harga atau kupon berbelanja.

2. Mudahkan Pelanggan dalam Memberi Testimoni
Perhatikan keperluan customer seperti berikan keringanan untuk mereka untuk meninggalkan penjelasan atau on-line review untuk Kamu. Siapkan form testimoni yang simpel dan mudah untuk di isi. Jauhi beberapa hal yang buat pelanggan malas, terlebih bila hal itu bukanlah untuk kebutuhan mereka.

Misalnya, bila Kamu memiliki toko on-line, buat tombol call-to-action (CTA) dengan kalimat “Berikan Review” atau “Beri Penilaian” di halaman product atau halaman paling akhir tempat konsumen merampungkan transaksi.

Diluar itu, Kamu dapat juga kirim e-mail berbentuk follow up pada konsumen untuk bertanya pendapat mereka pada product/jasa yang mereka terima. Langkah tersebut pasti bagus untuk tingkatkan keterlibatan Kamu dengan pelanggan, dan buka komunikasi untuk ketahui pendapat pelanggan mengenai bisnis Kamu.

Setelah itu, Kamu dapat juga memakai feature polling atau survey untuk memohon testimoni melalui sosial media seperti pada Twitter, Facebook, ataupun Instagram Stories.

3. Sertakan Pelanggan Dengan Online
Tingkatkan engagement dengan pelanggan adalah cara memperoleh testimoni yang bagus. Langkah tersebut mudah dilakukan apabila bisnis Kamu memakai basis sosial media seperti Facebook, Instagram ataupun Twitter.

Buat content diisi pertanyaan untuk di posting pada sosial media. Ajak follower Kamu untuk memberi pendapat mereka mengenai product/jasa yang Kamu menawarkan.

Meskipun hasil dari langkah tersebut tidak bisa dipandang jadi testimoni yang sebenarnya, tetapi komunikasi pada Kamu dan pelanggan terjadi dengan baik. Diluar itu, langkah tersebut dapat juga mewakili penilaian mengenai bisnis Kamu dengan positif dan akurat.

Bila langkah tersebut belum juga sukses memperoleh respon yang baik, paling tidak customer dapat lihat deskripsi bisnis Kamu yang positif. Follower juga akan memiliki pendapat kalau Kamu perduli dengan penilaian dan pendapat pelanggan.

Hal-hal lain yang dapat dilakukan untuk melibatkan mereka yaitu lewat cara re-posting berita tentang Kamu atau bila mereka memberi tag pada Kamu. Beri masukan positif dan katakan terima kasih pada pelanggan Kamu melalui sosial media.

Pada intinya, langkah tersebut juga otomatis membuat brand dan reputasi baik pada bisnis Kamu.

4. Menyikapi Review Negatif
Searah dengan tingkatkan keterlibatan pelanggan dengan bisnis Kamu, untuk memperoleh testimoni Kamu pun harus memberi respon pada review negatif. Jadi, tidak cuma pada testimoni positif saja.

Biasanya pelanggan yang sebelumnya berikan testimoni negatif juga akan merubah penilaiannya dan memberi rasa terima kasih dan memberikan testimoni baru yang lebih positif bila yang dirasakan yang meraka berikan telah Kamu tanggapi dengan baik.

5. Memberi Testimoni Product Lain
Yakinlah, apa yang Kamu berikan juga akan Kamu terima kembali, sama seperti dengan testimoni. Bila Kamu ingin memperoleh banyak testimoni, maka Kamu harus juga melakukan hal yang sama.

Semua bisnis tentu memiliki kerja sama juga dengan banyak pihak, termasuk sudah pasti dengan bisnis yang lain. Buat testimoni atau penilaian Kamu tentang product/jasa bisnis beda dengan positif. Kamu dapat juga memberikan hashtag tertentu bila memposting testimoni tersebut di sosial media.

0 komentar: