7 HAL PENTING! SAFETY FIRST DALAM BEKERJA

Image result for 7 HAL PENTING! SAFETY FIRST DALAM BEKERJA

sepatu safety murah - Bila Kamu mendengar kalimat “Safety First” tentu yang juga akan kita pikirkan yaitu mengenai prosedur keselamatan yang diaplikasikan dalam bagian konstruksi atau perusahaan minyak dan gas. mari kita sadari dan mulai mengaplikasikan keselamatan diri diawali dari hal paling kecil di sekitar kita.

Juga akan saya beri contoh aktivitas yang sering kita kerjakan ketika pergi ke tempat kerja, umpamanya : “Jika kita pergi tergesa-gesa untuk datang ke pertemuan penting dengan client mungkin, sebaiknya hal pertama yang perlu kita kerjakan yaitu mengutamakan keamanan dalam berkendara. Siapa tahu, juga akan terjadi suatu hal diperjalanan yg tidak kita kenali jika kita tidak waspada. ”

Oleh karenanya, bila Kamu yaitu satu diantara mereka yang bekerja di industri atau pabrik dengan tingkat tinggi resiko keamanan, sangat penting sekali kalau Kamu harus ambil aksi mencegah keselamatan berikut untuk hindari resiko bahaya di tempat kerja untuk sendiri.

BERIKUT INI BEBERAPA HAL YANG KAMI RANGKUM MENGENAI SAFETY FIRST :

1. Janganlah abaikan bahaya
Langkah awal untuk melindungi keamanan diri Kamu yaitu mengerti kenyataan kalau bekerja di pertambangan memiliki resiko keselamatan yang tinggi. Karenanya, coba untuk tetaplah siaga dalam setiap kesibukan pekerjaan yang Kamu kerjakan. Kecelakaan dengan efek besar dapat terjadi karena satu kecerobohan kecil.

2. Tugas-tugas yang berisiko memerlukan rencana dan komunikasi
Ketika berencana suatu pekerjaan, hal yang perlu Kamu fikirkan tidak cuma bagaimana merampungkan pekerjaan itu lewat cara yang seefisien mungkin. Tetapi, fikirkan dan rencakan juga resource yang lain, seperti menaikkan waktu dan uang jadi aspek penting dari kriteria tentang safety (keselamatan). Coba tidak untuk meremehkan keselamatan kerja dari setiap karyawan ketika berusaha untuk penuhi tenggat waktu dan tingkatkan kwalitas pekerjaan. Semua resiko harus dinilai, termasuk peluang kecelakaan. Dengan memberi instruksi yang pasti dan mendidik, hal itu dapat kurangi resiko kecelakaan yang mungkin terjadi.

3. Peroleh kursus profesional
Semua anggota tim harus melakukan kursus keselamatan dengan teratur. Kursus teratur ini semestinya bukan sekedar berlaku untuk anggota tim barusan. Bahkan juga, karyawan lama pun tetaplah harus teratur ikuti pelatian itu. Session kursus yang memiliki kandungan teori dan komponen praktis dapat menolong beberapa karyawan dalam mengaplikasikannya saat melakukan pekerjaan mereka. Atau, untuk pekerja yang memiliki peranan yang cukup berisiko, dapat melakukan kontrol kesehatan fisik untuk memastikan apakah mereka dapat ambil tuntutan fisik dari pekerjaan mereka.

4. Senantiasa kenakan peralatan safety
Dari mulai helm, kacamata, dan sarung tangan, semua komponen safety ini adalah standard yang perlu dipakai oleh setiap orang dan setiap waktu.

5. Pengawasan tim
Semua anggota tim harus ikuti instruksi keselamatan tanpa ada pengecualian. Seseorang supervisor harus juga rajin menindaklanjuti dan menegakkan ketentuan. Pengawas juga perlu ketahui kehadiran semua anggota tim di semua tempat dan di setiap shift. Demikian pula, semua pekerja harus selalu di beri info apa yang dilakukan anggota tim yang lain selama seharian. Coba untuk buat ketentuan yang bisa menghindar setiap anggota tim untuk tidak mematuhi ketentuan tentang keselamatan kerja.

6. Dokumen prosedur keselamatan
Ketika kecelakaan terjadi, semua anggota tim harus tahu persis apa yang perlu dilakukan. Prosedur keselamatan harus didefinisikan dengan terang. Ketika mendokumentasikan prosedur keselamatan, beri juga deskripsi beragam momen yang mungkin terjadi, apa yang perlu dilakukan dan siapa yang perlu dihubungi. Prosedur keselamatan harus dipertunjukkan dengan terang di lokasi yang mudah di akses oleh kebanyakan orang.

7. Patuhi standard keselamatan yang paling baru
Pastikan semua perlengkapan keselamatan dilayani dengan teratur dan penuhi semua standard keamanan paling baru. Jangan sampai berusaha untuk menghemat perlengkapan keselamatan. Bila item tak akan sesuai sama standard keselamatan saat ini, cepatlah untuk menggantinya. Bahkan juga bila hal itu beresiko pada meningkatnya biaya yang diperlukan atau penundaan project. Jangan sampai biarlah setiap orang memakai perlengkapan keselamatan yang telah usang.

0 komentar: